Tips Belanja Online Dengan Aman

Bismillah. Alhamdulillah.

BELANJA ONLINE

Pada kesempatan ini saya mau berbagi tips sederhana ketika belanja online.

Kenapa saya menulis ini?
Karena saya pernah menjadi korban belanja online. Itu karena pertamakalinya saya berbelanja online dan saat itu sistem penjualan seperti ini berlum terlalu familiar. Baru belajar transfer ke ATM, belum kenal resi, apalagi terstimoni. Alhasil, uang dibabat, barang tidak didapat. 

Karena itu hal yang merugikan, maka saya harap hal itu tidak terjadi pada anda.
Ini dia tips sederhana dari saya. Semoga bermanfaat!

Tips Belanja Online dengan Aman
1. Pastikan yang akan dibeli adalah barang yang dibutuhkan dan memang tidak di jual di sekitar rumah, atau tidak ada di jual di lingkungan anda. Jika ada yang dekat, tahanlah untuk membeli lebih jauh atau secara online. Hitung-hitung anda bersedekah kepada tetangga anda. Janganlah merasa rugi dengan bersedekah, apalagi kepada tetangga! Insya Allah ada keberkahan ketika berbuat baik kepada tetangga. ^^

2. Carilah pedagang yang menjual barang tersebut di situs e-commerce terpercaya. Kenali toko online tersebut, jika ada baca history penjualnya juga para pembeli sebelumnya, cek dari tagar instagramnya, dan testimoni. 
Di instagram, facebook, atau website biasanya anda akan langsung terhubung ke pihak penjual dan wajib mengisi formulir data diri dengan lengkap dan melakukan pembayaran secara langsung ke rekening penjual. 
Berbeda dengan aplikasi ecommerce seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, mereka menjembatani antara pihak penjual dan pembeli dan uang pembayaran dari pembeli akan di tahan oleh mereka (sebagai pihak ketiga) sampai barang diterima oleh anda sebagai pembeli dan dapat dicairkan langsung oleh penjual ketika transaksi selesai. Saat ini mungkin akses kita sangat mudah dengan adanya pihak ketiga tersebut, sampai-sampai membuat kita terlena, ternyamankan, bahkan jadi mager kemana-mana. 😁  Rupanya, ada hal lainnya juga yang perlu kita ketahui hukumnya. Seperti, bagaimana hukum "gratis ongkir" yang ditawarkan, voucher, dan hukum e-pay; top up dan lainnya. Silahkan coba membacanya dari sumber sesuai keyakinan anda.
 
3. Kelebihan ketika mencari barang di situs online. Tidak dipungkiri, kita begitu terbantu dengan internet. Kita bisa melihat berbagai barang, bahkan barang yang tidak kita butuhkan sekalipun, tiba-tiba lewat dan menguji mata kita. Di antara kelebihan berbelanja online yang saya rasakan:

- Bisa menemukan harga paling murah! Pada aplikasi e-comm, kita dapat melihat harga paling murah dari barang yang ingin dibeli, dengan satu kali klik. 
- Bisa menemukan lebih banyak variasi.
- Bisa menemukan produsen dan berkesempatan menjadi penjual lagi!
- Tidak perlu repot menenteng barang atau berdesakan dengan pembeli lain. Cukup menunggu dan barang dikirim oleh pihak ekspedisi

4. Kekurangan ketika berbelanja online.  Pada apa saja, ketika ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Di antara kekurangan berbelanja online adalah
- Tidak bisa melihat barang secara nyata. Karena yang kita lihat di layar monitor atau hp adalah hanya foto produk, maka ada resiko pada ketepatan warna, ukuran, bahan,, dan originalitas.  Bahkan lebih bahaya ketika ternyata foto yang dipajang pada situs tersebut hanyalah foto referensi saja.  Kita hanya mengandalkan foto, keterangan produk, dan kejujuran penjual.
- Garansi. Berbagai sebab dalam jual beli, ada kalanya barang sampai ke tangan kita dengan kondisi tidak sesuai, bahkan rusak, atau sama sekali tidak sampai. Permasalahan garansi kadang ada toko yang memberikannya.

Komentar