KIAT NULIS ARTIKEL



Membuat Artikel
Artikel adalah sebuah karya tulis lengkap misal berita atau esai di majalah atau surat kabar. (KBBI). Namun seiring dengan berjalannya waktu artikel juga dapat dimuat di media elektronik.
Terkait pembuatan artikel, saya pernah diajarkan oleh beberapa penulis (guru) dalam seminarnya yakni pada acara DAKWAH BIL QOLAM I bertempat di Gedung Bank Indoonesia Tasikmalaya. Nah, sekarang saya mau bagi-bagi tipsnya.
Tiga kunci penulisan artikel: masalah, data, imbauan. Simpel sekali bukan? Hehe. Mari lanjutkan.
Masalah, artinya apa yang menjadi problem dan akan diangkan menjadi sebuah pembahasan. Tentunya banyak sekali masalah yang dapat diungkap juga belum pernah diungkap sebelumnya. Atau sekalipun memang pernah ada yang membahasnya, jelas akan berbeda  cara pengungkapannya. So, it’s fine, asal kita benar-benar memiliki ide yang berbeda yang lebih segar.
Data, fakta yang telah terkumpul dan terstruktur. Ini dibutuhkan untuk menguatkan adanya permasalahan. Di sinilah, penulis tidak melulu menyampaikan gagasannya dengan sekelumit masalah yang ada, tapi juga perlu adanya pembenaran dari kehidupan yang nyata.
Imbauan, sebuah jalan keluar, atau solusi yang ditawarkan untuk menghadapi masalah. Bisa juga sih imbauan itu diganti oleh suatu permasalahan yang kembali diberikan kepada pembaca. Jadi kesannya tulisan tersebut hanya meluruskan dua sengketa pro dan kontra masalah tanpa adanya solusi. Itu semua tergantung tujuan masing-masing dalam menulis artikel. Pastinya, ada sesuatu yang dihasilkan dari tulisan tersebut. Penulis tidak boleh egois, hanya ingin gagasannya dibaca dong! Tapi jadilah penawar dahaga! Hehehe. Barangkali begitu lebih baik.
Saya juga mempunyai beberapa artikel yang tentunya belumlah sempurna (karena masih belajar), jadi mohon dimaklum yaa. Beberapa sudah pernah diterbitkan dalam media cetak lokal. Mudah-mudahan sahabat berkenan membaca dan meresponnya, hehe.

Komentar