RPP TERPADU CONNECTED



Preface
     Sempat kaget juga untuk mencoba membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu Connected, karena sebelumnya saya dan kelompok menerangkan tentang Pembelajaran Terpadu Nested (Tersarang). Hanya saja untung (^_*) Connected dan Nested itu masih sama-sama dalam satu rumpun, pembelajaran terpadu berdasarkan pengintegrasian kurikulum di dalam satu disiplin ilmu (interdisiplin ilmu), jadi gak jauh-jauh amat. Hanya tingkatannya (nested) lebih tinggi dari pada conneted, di mana untuk connected sendiri ialah awal dari terbentuknya model-model lainnya. Jadi mungkin sebutannya adalah nenek moyangnya atau benih awalnya. hehhe
 Pengertian
Model Keterhubungan ini lahir dari adanya gagasan bahwa sebenarnya dalam setiap mata pelajaran berisi konten yang berkaitan antara topik dengan topik, konsep dengan konsep dapat dikaitkan secara eksplisit. Satu mata pelajaran dapat memfokuskan sub-sub yang saling berkaitan.
Pembelajaran terpadu model keterhubungan (connected model) menurut Fogarty adalah : “model focuses on making explicit connections with each subject area, connecting one topic to the next, connecting one concept to another, connecting a skill to relatied skill, connecting one day’s work to the next, or even one semester’s ideas to the next”. Pengertian tersebut menunjukkankan bahwa fokus model connected adalah pada keterkaitan di dalam seluruh bidang, seperti: keterkaitan antar topik; keterkaitan antar konsep; keterkaitan antar keterampilan; mengaitkan tugas pada hari ini dengan selanjutnya; bahkan ide-ide yang dipelajari pada satu semester dengan ide-ide yang dipelajari pada semester berikutnya dalam satu bidang studi.  
Jadi, sepertinya nama keterpaduan ini masih sangat hambar yah. Soalnya letak keterpaduannya itu memang kurang sangat sangat kurang jelas. Barangkali masih seperti niat; untuk mengawali keterpaduan, yakni pada model-model selanjutnya.
Baiklah seperti itulah sebagai pengenalan model terpadu connected. Dan inilah hasil dari pemahaman saya terhadap materi ini dalam sebuah RPP Terpadu Connected dapat di download di sini.
Silahkan berikan tanggapannya! (^_^)

Komentar