TIPS MENULIS TUJUAN PEMBELAJARAN PADA RPP

          Sahabat pembaca budiman, sekarang saya mau share tentang merumuskan tujuan dalam pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Barang kali teman-teman juga mengalami kesulitan yang sama dengan saya ketika harus menyusun sebuah RPP. Terutama RPP yang memang benar-benar harus berlaku kata dosen. hehe. yah, belajar membuat RPP sebaik mungkin, karena perencanaan mempengaruhi hasilnya juga bukan? apapun alasannya yang pasti kita mau memberikan rancangan yang terbaik untuk peserta pembelajaran dan kita sendiri sebagai guru maupun calon guru.
          Baik langsung saja, kata dosen matkul Belajar dan Pembelajaran dalam menyusun tujuan pembelajaran itu hendaknya tersusun dari lima komponen. Komponen ini disebut trik A-B-C-D. Audiences (peserta didik), Behavior (tingkahlaku), Condition (keadaan), Degree (derajat).
sambil mengingat-ingat lagi nih, hee.. contohnya:  Melalui perhatiannya terhadap guru, siswa dapat menguasai beberapa konsep materi yang disampaikan.
             here is it : kata kerja operasional (download)
Nah, yang sekiranya memusingkan adalah dalam penggunaan tingkahlaku pembelajaran, atau kata kerja apa sih yang baik digunakan dan tepat untuk mengungkapkan tujuan dari pada pembelajaran. baik itu untuk sisi afektif, kognitif, maupun psikomotorik. Karena itu kita membutuhkan suatu panduan kosa kata kerja operasional. Insya alloh deh kalau sudah mengenal kata-kata kerja operasional membuat tujuan pembelajaran agar sesuai dengan indikator tidak terlalu mumet. hehe. selamat mencoba menelaahnya,
mudah-mudahan bermanfaat ^_^

Related Posts

TIPS MENULIS TUJUAN PEMBELAJARAN PADA RPP
4/ 5
Oleh

Nice to have your visiting, specially your comments.
See you here again, Salam Kenal, Salam Zestful!