TIGA POIN PENTING UNTUK MENJADI PEMBAWA ACARA

Pembaca budiman semoga tidak menganggap saya orang yang lebih tahu soal menjadi MC, karena sebenarnya saya bukanlah seorang yang berfokus mendalami tentang menjadi pembawa acara atau kerap kita panggil MC yang bermakna Master of Ceremony

foto Penulis sedang membawakan acara kenaikan kelas
Hanya saja, penulis senang menjadi seorang MC dan pernah menjadi seorang pembawa acara, khususnya dalam acara anak-anak. Seperti acara kenaikan kelas, acara imtihan diniyah, acara ulang tahun anak, atau acara bareng anak-anak lainnya.

Hal-hal yang biasanya saya persiapkan sebelum memandu acara adalah beberapa my three important point things yang akan dibahas di bawah ini.


Pertama, mengetahui tujuan acara.
Apa yang diinginkan dari acara tersebut. Biasanya tema dapat mewakilinya. Dengan mengetahui tujuan acara, seorang MC akan mengetahui posisinya dalam bagaimana harus memandu, memimpin, dan kemudian membawakan acara sampai tuntas. Seperti: apakah harus sedemikian serius/ formal, atau semi formal, dan santai. Sehingga ia dapat menyesuaikan diri dalam mempersiapkan dirinya, baik dari segi penampilan atau persiapan konsepnya sendiri. Ia tentu akan mengonsep bahasanya/tuturan katanya; trik menarik perhatian peserta acara. Dan lain sebagainya.


Kedua, berkomunikasi baik dengan panitia atau tuan rumah/empunya hajat. 
Hal ini bertujuan agar terjalin kerjasama yang baik, dan menunjang kelancaran acara. Dari panitia, seorang MC mengetahui siapa atau apa yang menjadi objek hajat, siapa yang terlibat di dalamnya, atau apa yang ingin ditonjolkan dalam acara tersebut. Efek lainnya adalah sebagai pengetahuan. Dengan pengetahuan tersebut, jadilah seorang MC serba tahu. Dan dengan keserbatahuannya itulah kemudian akan membuatnya memikat penonton.

Ketiga, persiapkan ice breaker atau semacam humor dan hiburan.
Sebagian acara biasanya membutuhkan waktu jeda untuk peralihan satu acara ke acara lainnya. Akantetapi ketika waktu jeda MC tetap dituntut untuk dapat memimpin acara. Karena itu, untuk menjaga acara tetap oke, menyenangkan hati para peserta/tamu/orang-orang yang hadir, MC seyogyanya memiliki hiburan. Dorprize juga dapat menjadi alternatif untuk mencairkan suasana. 

Demikianlah three important points untuk menjadi pembawa acara/mc yang bisa saya sampaikan. Pada hakikatnya, hal yang utama bagi seorang MC dalam melakukan tugasnya adalah:

bagaimana membawakan acara dan tujuan/makna/esensi dari acara tersebut tersampaikan ke hati para peserta yang hadir, berkesan dan menimbulkna efek yang tidak terlupakan. 
 Sekian dan Semoga bermanfaat. :)

Related Posts

TIGA POIN PENTING UNTUK MENJADI PEMBAWA ACARA
4/ 5
Oleh

Nice to have your visiting, specially your comments.
See you here again, Salam Kenal, Salam Zestful!