RINGKASAN HASIL DISKUSI PERKULIAHAN MATA KULIAH: EVALUASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN MATERI: PENILAIAN TES DAN NON TES

Saya pikir hari ini begitu istimewa untuk pertemuan perkuliahan kami. Maka dari itu, saya ingin sekali mencatatnya lebih lama, yaitu dalam blog ini. Semoga selalu terkesan, dan juga bermanfaat untuk kaum pembaca lainnya. 
RINGKASAN HASIL DISKUSI 
PERKULIAHAN MATA KULIAH: EVALUASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN 
MATERI: PENILAIAN TES DAN NON TES

Hal pertama yang penting diketahui sebelum memasuki pembahasan teknik penilaian ini adalah urgensi sebuah penilaian itu sendiri.
Artinya pengetahuan tentang pentingnyaa sebuah penilaian seyogyanya telah lebih awal dimiliki, tidak lain sebagai dasar pengetahuan dalam materi teknik penilaian.
Karena bagaimana pun, apa yang akan dibahas kemudian menjadi berarti ketika memang telah menjadi kebutuhan akan tindak lanjut dari suatu pengetahuan yang belum selesai. Seperti setelah mendapatkan tali tanpa menemukan ujungnya: penasaranlah meneruskan pencarian.  

Yang kedua, mengenal beberapa istilah penting dalam teknik penilaian. Sehingga ketika ditemukan kosakata tersebut, tidaklah menjadi suatu kendala dalam memahami konstruksinya dalam pembahasan. 

Ketiga, persiapkan konsentrasi dalam menentukan apa yang akan dicari dan didapatkan. Minimal seperti; apa definisi, macam-macam, kelebihan dan kekurangan. Tiada lain perbuatan sistematis ini adalah untuk mempermudah dalam menarik kesimpulan pengetahuan dari pembelajaran. Ya, semacam membuat outline, atau kulitinta yang haus berita.

Pentingnya melakukan evaluasi pembelajaran menurut dosen kami yang berbahagia selalu, adalah karena evaluasi itu sendiri merupakan proses belajar! kami pun mengiya-kan.

Istilah-istilah dalam teknik penilaian:
Stem : Pertanyaan yang diajukan dan menjadi permasalahan yang diungkapkan
Option : Alternatif jawaban untuk permasalahan, stem
Tes : alat atau prosedur untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dengan cara-cara yang telah ditentukan.   
Testing : waktu pelaksanaan tes
Testee : responden yang sedang mengerjakna tes atau tercoba.
Tester : orang yang melaksanakan pengambilan tes atau pencoba.
Vaiditas: ketepatan
Reliabilitas: ketetapan

Ringkasan Penting: antara Teknik Tes dan Non Tes

Perbedaan mendasar antara teknik tes dan non-tes adalah pada tiga poin di bawah ini:

- dalam hal kebenaran jawaban.
Pada teknik tes kebenarannya bersifat mutlak, karena hanya ada satu jawaban yang dibenarkan. Sedangkan pada teknik non-tes, kebenaran bersifat relatif, karena aka nterdapat beberapa variasi kebenaran dari jawaban testee;

- dalam dimensi penilaian
Biasanya dalam teknik tes, dimensi penilaiannya ada pada aspek kognitif dan ranah psikologi; sedangkan dalam teknik non tes, dimensinya ada pada aspek sikap (affektive) dan keterampilan (skill/psikomotor);

- dalam penentuan tujuan atau hasil akhir
Dalam teknik tes, akhir penilaian adalah penentuan kemungkinan lulus atau tidak nya testee. Sedangkan dalam teknik non-tes, berakhir pada kesesuaian yang ingin didapatkan, atau juga persetujuan yang bersifat kelembagaan.

Ringkasan materi teknik tes dan non tes, insya allah akan ditulisa dalam tulisan selanjutnya. ^_^

Komentar