TEKNIK MENULIS

(Saya menulis teknik-teknik ini ketika sedang mengikuti kelas perkuliahan Pengajaran Perencanaan Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia (P3BSI). Yakni pada tanggal 08 April 2014. Saya saat itu berfikir, alangkah beruntungnya saya pernah san akan selalu memiliki sahabat-sahabat luar biasa di kelas interest bahasa inggris 2011 dengan dosennya yang sangat luar biasa. Berawal dari pemikiran tersebut saya berinisiatif untuk benar-benar menyimpan kenangan tersebut dalam tulisan. Walau dalam bentuk yang campuran yakni naratif dan report, saya harap tulisan ini akna sangat bermanfaat – khususnya bagi saya (reminder) dan bagi pembaca (pembelajar) sekalian. Terimakasih saya haturkan pada sahabat-sahabat dan dosen luar biasa kami – Seni Apriliya, M.Pd. 

Baiklah sahabat, awal sebuah pengetahuan adalah dari ketidaktahuan, kemudian keingintahuan (jika belajar itu disadari) dan ada juga yang karena tuntutan (jika belajar itu tidak disadari). It depends on what you want before and after you have known. Atau bisa juga awalnya dari menyaksikan, tertarik, mencoba, dan menggali sendiri. Sungguh, ilmu itu amat luas… dan semakin sering mencarinya, maka semakin ketahuan kebodohan kita. Eh, bukan berarti malah lebih baik tidak mencari ya, justru kalau tidak mencari itu sudah barang tentu bodohnya. Hehehe 

Inilah teknik-teknik menulis yang saya kumpulkan dari semua rekan-rekan saya. Sebagai catatan, teknik tersebut bukan merupakan asli ciptaan mereka. Karenanya tidak sepantasnya tulsian ini menjadi rujukan utama, melainkan sebagai alternative jawaban dan atau sumber pertama sebagai pijakan untuk melanjutkan pencarian. Berikut taknik-taknik yang dimaksudkan: 
1. Meniru model (Nurul H) 
2. Kuis Tata Paragrap (Singgit) 
3. Bermain Menyusun Kalimat (Desi)
4. Menulis berdasarkan rangsangan visual (Anggri L) 
5. Menulis berdasarkan kerangka karangan (Ade) 
6. Menulis cerita (Ima) 
7. Buku harian (Endang) 
8. Mading (Anis) 
9. Menulis berdasarkan pengalaman/tema (Eli) 
10. Pancingan kata kunci (Ratih) 
11. Memberi/mengganti akhir cerita (Medita) 
12. Permainan mencari dan menyusun kata dari suku kata (Ati) 
13. 3M (Mengamati, Meniru, Menambahi) (Nuryanti) 
14. Pengandaian 1800 berbeda (Aprilia) 
15. Menulis bercerita (Topan) 
16. Mengisi titik-titik (Rani) 
17. MEnulis melalui jawaban atas pertanyaan (Neng Astri) 
18. Menulis mimpi tidur atau mimpi cita-cita (Sarah) 
19. Menulis nama (Istiyanti) 
20. Kancing gemerincing (Deti) 
21. Mendeskripsikan suatu benda (Angga) 
22. Menulis biodata diri (Arif) 
23. Menulis surat pribadi atau resmi (Ar-bahron) 
24. Menulis kembali (Apit) 
25. Berdasarkan 5W+1H (Desu) 
26. Kertas harapan (Hidayatul) 
27. Diari kelas (Ana K.) 

Tambahan dari ibu: 
1. Membandingkan/membedakan objek langsung
2. Membandingkan dua tulisan/cerita
3. Mengerangkakan tulisan
4. Menulis tentang diri sendiri (missal, ciri-ciri sendiri)
5. Menarasikan table/diagram
6. Menulis iklan, poster, berita, eksposisi

that's all about teknik menulis yang berhasil saya kumpulkan, sob. bagi yang berminat mengkaji lebih dalam, silahkan perbanyak lagi referensi dar itiap pointnya. semoga sukses, salam zestful! (^_^)

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.