TIPS AMAN MENGGUNAKAN WIFI GRATISAN!

Pas lagi banyak tugas kuliah dan butuh akses internet yang cepat! Tapi modem pribadi sayang kalau dipake? Bersegeralah akal mencari-cari di mana bisa dapetin WiFi gratisan. Sampai rela bangett bermukim bermalam di kampus juga. Ups! Itu sih cerita jamanku dulu ya, kawan. (Walau sekarang juga mungkin masijh ada lah ya yang hunting kek gitu? )

Asyik sih, gratisan, tapi WiFi hospot apalagi umum itu gak sepenuhnya aman ternyata, sob.
Ancaman virus kompi sampai pencurian identitas mengintaimu. Mau?
So, kita musti hati-hati ya. Ketahui cara-cara aman ber WiFi, agar bisa tetap nyaman online dan dapetin kebutuhan kamu lewat akses aman di internet. Lanjutkan bacanya sob!

Ini dia beberapa langkah atau tips yang semoga saja bisa membantu mencegah bahaya dari berWifi gratisan.

  1. Pastikan layanan Hospot yang dipakai disediakan oleh pengelola tempat. Konfirmasikan nama WiFi hotspot yang disediakan kepada petugas cafe/hotel atau tempatmu berada.
  2. Saat mengakses internet di jaringan publik, pastikan situs yang kamu buka menggunakan "https://". Selain itu, pastikan juga ikon gembok pada address bar di browser telah aktif. Karena ini menunjukkan koneksi SSL aktif, dan nantinya informasi yang kita kirim dan terima akan aman dan tak terbaca orang lain.
  3. Gunakan software antivirus yang up-to-date. Aktifkan juga fasilitas Firewall dari sistem OS kamu.
  4. Jangan lupa nonaktifkan sharing data dan printer. Caranya pada windows, buka control panel, pilih network dan sharing center, lalu pilihlah Change Advance Sharing Setting. Klik "turn off file and printer sharing", dan turn off network discovery.
  5. Matikan WiFi saat tidak digunakan! Jangan sepelekan ini yah, Sob! JAngan biarkan ada kesempatan bagi orang iseng buat beraksi ke komputermu!

Sekian tips agar aman saat menggunakan WiFi gratisan yang bisa saya share di sini.
Penting banget kita tahu, karena mencegah lebih baik daripada mengobati! Lebih hemat juga kan? Hehe.

Selamat mencoba ya, Dear Reader! ^_^