TIPS PUASA SEHAT: SAHUR SEHAT

Bismillah.
Sahabat, alhamdulillah, kita masih berada di bulan yang penuh berkah. Kesempatan-kesempatan beroleh pahala berlipat masih terbuka lebar, jangan sampai kita tidak menikmatinya.
Salah satu kunci agar bisa menikmati puasa ini adalah badan yang sehat. Puasa memang membuat badan sehat. Tapi kalau ada misscommunication antara konsep puasa dengan cara-cara menikmatinya, jelas puasa bisa saja membuat badan sakit, lelah, lesu, yang ujung-ujungnya membuat mulut ingin mengeluh.
Nah, saya kali ini akan membagikan info tips sahur untuk puasa sehat.
Ini dia:
1. Makan sahur dengan porsi normal. Kebanyakan makanan nanti membuatmu ngantuk berat, lho.
2. Makan makanan berkarbohidrat.
     Saat sahur, perbanyaklah makan sayur mayur juga buah-buahan yang berserat tinggi, agar kita terhindar dari konstipasi (sembelit) selama berpuasa.
(Oat bagus banget tuh. Kalau gak ada nasi dr beras merah. Kalau gak ada ya nasi dr beras putih. Usahakan jangan keseringan bersahur dengan mie ya... ^_^)
3. Jangan terburu-buru. Kuncinya "kunyahlah makanan dengan baik ya!" Karena kalau terlalu cepat, udah organ pencernaannya bekerja keras, boros energi, bikin cepat lapar pula.
4. Minum air putih yang cukup.
Penting banget bingit! Eh iya, minuman yang manis, walau cepat menghasilkan tambahan energi, ia juga cepat hilang dan membuat tubuhmu mudah lemas.
5. Usahakan jangan tidur setelah sholat subuh.
Sekalipun emang enak banget tidur di waktu ini, usahakan jangan deh!
Cepat aja ke kamar mandi buat mandi dll. Gerakkan badanmu. Agar makanan sahurmu tidak sia-sia.
Oke, sekian ya tips nya.
Mudah-mudahan bermanfaat.
Selamat berpuasa, saudaraku.