LATIHAN MEMAINKAN ANGKLUNG BERSAMA MURID-MURID KELAS V


Angklung?

Sebagaimana kita ketahui bersama, angklung merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu, bernada ganda/ multitonal, dan merupakan warisan budaya - khususnya dalam masyarakat Sunda, Jawa Barat. Catatan adanya angklung ini muncul sekitar abad ke-12 sampai ke-16 yang merujuk pada adanya kerajaan Sunda. Awalnya keberadaan angklung ini terkait dengan kondisi alam di kerajaan Sunda yang agraris dan kepercayaan mereka akan adanya Dewi Sri/Sri Pohaci, sang Dewi Padi.

Lebih lanjut, kini angklung diresmikan sebagai alat musik tradisional Jawa Barat dan sudah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak bulan November 2010.

Terlepas dari itu semua, angklung adalah warisan seni budaya yang baik untuk dilestarikan. Memperdengarkan bunyi-bunyi alami, semogalah semakin membuat kita bisa bersahabat dan kiat  juga giat menjaga alam. Alam kita, Indonesia untuk Bumi tercinta.


Angklung di Sekolah Dasar

Kiranya dengan besarnya perjuangan para tokoh dalam mengupayakan angklung untuk ditetapkan dengan resmi sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, angklung perlu untuk terus dilestarikan, dijaga agar tetap orang kita ini bisa memainkannya dan merasa memilikinya. Dan kepada siapa lagi selain kepada generasi muda. Sedangkan usia sekolah dasar, dilihat dari mulai terbukanya usia kecerdasan dan awal kematangan mereka adalah saat yang tepat dan mendasar bagi para generasi muda dalam mengenali dan mencintai budaya negerinya. Oleh karena itu, seyogyanya angklung, khususnya di wilayah Jabar ini mulai dikenalkan diajarkan dilatihkan kepada siswa siswi sejak di sekolah dasar.

Dan Alhamdulillah, di sekolah yang saya bekerja di sana, angklung telah tersimpan rapi di ruangannya. Hanya tinggal menyentuhnya, memperdengarkan bunyinya, dan menyanyikan lagu kebahagiaan dengannya. Saya pun, yang sangat awam dan belum mastery angklung mulai tertarik untuk mempergunakannya. Dan hasilnya, benar-benarlah para murid sangat tertarik.... Saya pun menjadi sangat antusias untuk terus melatih mereka. dan lihatlah mata mereka berbinar , cahaya semangat, menatap saya tiap harinya: "Bu, kapan kita latihan angklung lagi?"

Saya pun tak sabar ingin melihat dan mendengarkan mereka membunyikan angklung kesayangan. Kini anda bisa melihat video kami belajar angklung bersama. Walau permaianan kami ini masih sangat sederhana (baru bisa segitu-gitunya :D) tapi semogalah memberi pencerahan pada anda, bahwa angklung itu akan terdengar indah jika dimainkan, bukan didiamkan! Hehe. Dan mari selalu memanfaatkan apa-apa yang telah tersedia bagi kita. Para guru, tanamkan sikap percaya diri bagi mereka, para penerus kita, kebanggaan bangsa!
Please watch us here! :)

Latihan Angklung Lagu Bangun Pemuda Pemudi



Komentar