PERSIAPAN PERTAMA DALAM MENGHADAPI LOMBA PIDATO ANAK

Pidato Anak?

Sebelum membaca artikel ini saya harapkan anda telah membaca pengertian pidato secara sederhana yang saya tulis di artikel sebelumnya. :) Agar anda memahami dari pemahaman mana saya berangkat. He..
Yap,

Pidato, secara sederhana, dapat diartikan sebagai suatu cara berkomunikasi dengan orang banyak secara lisan dan terencana. Berbicara di depan orang banyak, tidaklah sama sukar atau mudahnya bagi setiap orang. Butuh kecerdasan verbal linguistik juga kecerdasan emosional, mental, dan sosial. Apalah itu namanya, yang penting seseorang yang hendak menyampaikan gagasannya kepada publik, hendaknya ia:
menyiapkan mental yang kuat untuk menghadapi berbagai respon dari audiensnya, emosi yang matang agar dia bisa tetap berkonsentrasi dan mengendalikan dirinya dengan stabil, jiwa sosial yang tinggi sehingga apa yang disampaikannya telah matang ia pikirkan- terukur dengan keadaan masyarakat/audiensnya
Tampaknya kalimat di atas cukup rumit dan menakutkan untuk terlalu dipahami. Maka, biarkanlah pidato untuk anak tidak serumit itu. Biarkanlah pidato untuk anak-anak hanyalah ajang bagi mereka untuk berlatih, mengasah kemampuan mereka. 

Syukur alhamdulillah, jika kemudian potensi anak tersebut berkembang menjadi cita-citanya menjadi seorang dai amanah, orator jujur, penyiar-announcer-presenter-MC-dan sebutan untuk pembicara lainnya, yang berbaik hati nan sholeh.

:)

Selanjutnya,
Apa saja langkah-langkah dalam melatihkan pidato kepada anak? Bagaimana perisiapan untuk anak yang akan mengikuti lomba pidato?
Persiapan Pertama Menuju Lomba Pidato Anak

Bismillah, di sini saya hanya membagikan apa yang saya pernah lakukan ketika menghadapi tugas untuk melatihkan pidato kepada anak. Sejauh yang saya ketahui dan saya pikir baik untuk mereka. Catat: saya bukan ahli pidato, tidak berpengalaman jadi juara pidato! Tapi senang mendengarkan pidato yang nyambung ke hati, enak didengar! :)

Ini dia langkah-langkah yang perlu anda selidiki sebelum mengikutsertakan peserta didik anda mengikuti lomba pidato:

  1. Baca dengan teliti bagaimana juklak juknis (petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis) kegiatan perlombaan tersebut. Biasanya informasi ini diberitahukan pada waktu tertentu setelah panitia membagikan undangan perlombaan. Dari sana biasanya kita akan tahu seperti apa kedisiplinan perlombaan dan syarat yang diminta.
  2. Pahami sistematika atau tata tertib lomba.  Dari sana kita akan tahu durasi waktu tampil, resiko/hukuman atau konsekuensi tertentu.
  3. Pahami aspek penilaian. Hampir tiap perlombaan pidato menuntut penilaian pada tiga aspek ini; kesesuaian materi dengan tema (kualitas isi), cara penyajian (teknik vokal, lafal, intonasi, dan mimik ekspresi), dan durasi waktu.
  4. Hadiri pada acara technical meeting lomba! Hal ini penting karena biasanya ada hal-hal baru yang khusus disampaikan panitia: apakah itu kebijakan baru, dsb, anda juga berkesempatan mengajukan saran kepada panitia: terkait tema atau tata tertib misalnya. Dan terpenting anda perlu mengambil sendiri nomor undian tampil peserta didik anda! Jika berkeberatan dengan undian pertama, masih ada kesempatan me-lobying panitia untuk menggantinya. Hehe
Sekian persiapan pertama dalam menghadapi lomba pidato anak yang dapat saya share di sini. nantikan tips menuju persiapan keduanya yah! :)
Semoga bermanfaat!

Related Posts

PERSIAPAN PERTAMA DALAM MENGHADAPI LOMBA PIDATO ANAK
4/ 5
Oleh

Nice to have your visiting, specially your comments.
See you here again, Salam Kenal, Salam Zestful!