Selalu Yakin Sesuatu yang Terjadi itu Baik

Kali ini saya akan berbagi cerita dari buku yang saya baca.
Ini adalah sebuah cerita dari Unknown Author. THIS IS GOOD.
Cerita ini penuh hikmah, dan saya yakin kita bisa mengambil manfaat darinya. This is good. Ini adalah sesuatu yang baik. Simak ceritanya yaa...

Seorang raja di Afrika memiliki seorang sahabat karib sejak masa kecilnya. Sahabatnya itu mempunyai kebiasaan untuk mengucapkqn:"Ini adalah sesuatu yang baik", atas semua peristiwa yang terjadi, baik maupun buruk.

Suatu hari, raja dan sahabatnya ini keluar untuk berburu. Seperti biasa, sahabatnya menyiapkan senjaya dan mengisi amunisi. Tapi kali ini temannya melakukan kesalahan dalam menyiapkan amunisi sehingga sang raja secara tak sengaja menembak ibu jarinya sendiri, karena mengira senjata itu tak berpeluru. Ibu jarinya pun terluka parah.

Sahabatnya itu kemudian segera mengamati keadaan ibu jari raja, kemudian berkata, "ini adalah sesuatu yang baik." Raja menyanggah, "Tidak... tidak..., ini bukan sesuatu yang baik!" Lalu ia memenjarakan sahabatnya itu.

Setahun kemudian, sang raja pergi berburu. Ia memasuki suatu daerah yang seharusnya ia jauhi. Sekelompok kanibal, pemakan manusia, menangkap dan membawanya ke desa mereka. Mereka mengikat tangannya, menyiapkan kayu bakar, memancangkan tiang, lalu mengikat raja di tiang itu.
Namun ketika hendak membakar kayu, mereka melihat ibu jari raja tidak utuh. Mereka pun akhirnya berubah pikiran! Karena mereka percaya pada takhayul, bahwa mereka tidak boleh memakan seseorang yg tidak utuh, sang raja pun kemudian  dilepaskan dan dibiarkan pergi.

Sesampainya di kerajaan, sang raja teringat pada kejadian yg lalu saat ia harus kehilangan ibu jarinya. Ia merasa sangat menyesal atas perlakuannya terhadap sahabatnya. Lalu ia bergegas ke penjara, menemuinya.

"Engkau benar, ibu jariku tertembak adalah sesuatu yang baik,"katanya.
Ia lalu kenceritakan apa yg telah terjadi padanya.

"Aku menyesal sekali telah memenjarakanmu, sahabatku. Bahkan sangat lama. Sungguh perbuatanku sangat buruk," kata raja dengan penuh penyesalan.

"Tidak," kata temannya, "itu adalah sesuatu yang baik!"
"Apa maksudmu? Bagaimana mungkin itu adalah sesuatu yang baik, bahwa aku telah memenjarakan sahabatku sendiri!" Raja dibuat keheranan.

"Kalaulah aku tidak berada dalam penjara, aku pasti saat itu akan sedang bersama mu... dan tentulah aku akan dimakan oleh para pemangsa manusia itu!" Jawabnya.
-----------------

Nah, sahabatku, adakah sesuatu yg buruk tengah menimpamu? Pasti sesuatu itu memang lebih baik dari sesuatu yang lain untuk ukuran kemampuanmu, kondisimu. Karena Allah Subhaanahu Wataala itu amat tahu detail tentang kita, lagi Dia itu Maha Penyayang tak kan pernah Mendzalimi hamba-Nya.

Semangat berhusnudzon selalu ya ^_^

Komentar